Anugrah Desa Wisata 2023 II Desa Wisata Wae Lolos Kembali Hadir

 

Piagam Penghargaan
Penghargaan ADWI 2023, Wae Lolos 
Ajang Perlombaan Desa Wisata Seluruh Indonesia Atau Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Pada Tahun 2023 Sudah Dibuka Sejak Awal Tahun.

Sebelum Penyelenggaraan ADWI 2023 Pada 30m Januari Lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Pariwisata ( Meparekraf/Kabaparekraf ) Sandiaga Salahudin Uno Meluncurkan Atau Kick Off Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

ADWI 2023 ini, Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menargetka Sebanyak 4.000 Desa Wisata Yang Mendaftar Dari Seluruh Wilayah Nusantara.

Target Tersebut Menjadi Perhatian Utama, Mengingat Desa Wisata Memiliki Peran Penting  Hampir Di Semua Aspek, Misalnya Dalam Aspek Ekonomi; Desa Wisata Memberi Sumbangsih Besar terkait Kemajuan ekonomi Rakyat, Serta Ekonomi Kreatif Yang Berkembang Akan Memberikan efek Positif Bagi Masyarakat. Desa Wisata Juga Memberi Peluang Lapangan Kerja Baru Bagi Pemilik Destinasi. Oleh Karena Itu Desa Wisata Mempunyai Peran Penting Untuk Negri Ini.

Anugrah Desa Wisata (ADWI) 2023 ini diadakan, Disamping Untuk Memicu Kenaikan Kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus), Juga Untuk Menghadirkan Wisata awareness (Kesadaran Wisata) Dari Berbagai Pelaku Wisata Usaha Dan Industri Pariwisata Ekonomi Kreatif.

ADWI 2023
Untuk Tatacara Atu Teknis Penyelenggaraan ADWI 2023 Masih Sama seperti Teknis Penyelenggaraan ADWI Tahun Sebelumnya, Persyaratan Ataupun Pengkurasian Desa-desa Wisata Terbaik Masih Sama Seperti Sebelumnya.

Untuk Desa Yang Hendak Mendaftar, Dapat Dilakukan Melalui Link Resmi Kemenparekraf yakni jadesta.kemenparekraf.go.ig atau Melalui Google Search Menggunakan Kata Kunci JADESTA: ADWI 2023, Selanjutnya ikuti langkah – langkah pendaftaran ADWI 2023.

Note : Bagi Desa Yang sudah mendaftar di website resmi jadesta maka untuk mendaftar adwi 2023 tidaklah sulit, tiggal menklik tautan adwi 2023 yang ada di dashboard jadesta, namun jika belum terfdaftar di jadesta, maka harus melakukan pendaftaran akun jadesta, kemudian melakuan analisis desa, dan sebagainya...

Ada bebepara kategori yang akan dilakukan penilaian utnuk desa-desa yang menjadi peserta ADWI 2023,

1. Daya Tarik Pengunjung

2. Homestay

3. Toilet Umum

4. Suvenir

5. Digital dan Kreatif

6. CHSE

7. Kelembagaan.

Pict Source : ig elisabethhepyriani, Wae Lolos
Serta Kategori Lainnya, Seperti Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa WIsata Kelembagaan. Oleh Karena Itu, Penting Bagi Pengelola Desa Wisata Baik Itu PEMDES Ataupun Organisasi Wisata Desa Perlu Melakukan Upgrade Informasi Terkait Poin-Poin Penitng Di atas saat Melakukan Analisis desa Wisata.

Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Tentunya Akan Mendelegasikan Desa-Desa wisata Handalan untuk Mengikuti Penyelenggaraan ADWI 2023. Sebagai Kota Dengan Destinasi Wisata Super Premium, Manggarai Barat Tidak akan Ketinggalan dan yakin akan Meraup Penghargaan Untuk Desa Wisata Terbaik.

Pict Source : ig elisabethhepyriani, Wae Lolos

Sebagai Salah Satu Desa Wisata Di Manggarai Barat, Desa Wisata Wae Lolos Atau Dikenal Dengan Sebutan Desa Wisata Seribu Air Terjun Ikut Ikut Andil Dalam Ajang ADWI 2023, Sama seperti Tahun sebelumnya, Sebelum Melakukan Pendaftaran ADWI Pengelola  Desa Wisata Wae Lolos Melakukan Pmebenahan data terkait Poin Poin Penting yang akan dijadikan Sasaran Penilian.

Yakin Dengan Potensi Alam dan Budanya, Pengelola Desa Wisata Optimis Untuk Menunjukkan Eksistensinya Sebagai Desa Wisata Penyangga Destinasi Super Premium Labuan Bajo, Manggrai Barat.

Pict Source : ig elisabethhepyriani, Wae Lolos


post your comment

Previous Post Next Post