Skip to main content

5 Negara Di Dunia yang Ternyata Memiliki Garis Keturunan Orang Indonesia

Sejarah Indonesia Meliputi Suatu rentang waktu yang sangat panjang, dimulai sejak Zaman Prasejarah. Berdasarkan Penemuan Manusia Jawa yang berusia 1,7 Juta Tahun Lalu. Sejarah Juga mencatat bahwa ada beberapa Negara yang erat kaitannya dengan indonesia, Baik dari Zaman ribuan Tahun silam hingga saat ini. Kita tak menyangka bahwa Indonesia memiliki keterkaitan dengan negara lain yang letaknya jauh dari Indonesia. Berikut 7 Negara yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Indonesia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber oleh Info Satu .
  • SURINAME;
    hubungan Indonesia dengan Suriname bila dibilang hubungan kakak-adik. ini dikarenakan sebagian penduduk Suriname berasal dari penduduk Indonesia. Terlahir dari "Rahim" yang sama yakni "rahim" ibu Pertiwi, Sayangnya harus terpisah karena keadaan. Sama seperti Indonesia, sebelum akhir abad ke 17, Suriname diperebutkan oleh Negara-Negara Eropa sampai pada akhir abad ke 17 Suriname berada di bawah pemerintahan Belanda. Pada tahun 1890, pemerintah kolonial Belanda memberlakukan kebijakkan untuk memigrasikan penduduk Indoensia khususnya Orang Jawa ke Suriname. Jumlah penduduk yang di migrasikan ke Suriname mencapai ribuan Orang, Pada sensus 1990 jumlah tersebut naik mencapai 140 ribuan orang. Kondisi Geografis SURINAME memiliki kemiripan yang cukup signifikan dengan Indonesia. Indonesia sebagai Negara beriklim tropis dengan suhu rata-rata 24-35 ⁰C sepanjang tahun, Kondisi iklim tersebut ternyata sama dengan yang kondisi iklim yang dimiliki oleh Suriname dengan dua musim yakni kemarau dan penghujan. itulah kenapa Penduduk Indonesia hendak tinggal di Suriname tidak menemui kesulitan yang pelik ketika beradaptasi. Masyarakat Jawa yang dimigrasikan ke Suriname tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai Bentuk pelestarian Budaya. Hingga sekarang Bahasa Jawa dijadikan bahasa komunikasi sehari-hari di Suriname dan paling banyak digunakan di lingkungan sosial masyarakat.
  • MADAGASKAR;

    siapa sangka ternyata Madagaskar kental akan Budaya Nusantara, Ilmuwan bahkan memperkirakan Negara Kepulauan ini ditemukan oleh seorang perempuan Asal Indonesia. Menurut Catatan sejarah Madagaskar Pertama kali dihuni oleh pendatang Asal Indonesia, yang diyakini berlayar sejauh 8000 Kilo Meter dari Kalimantan dan Sulawesi. Ilmuwan memang belum menemukan bukti fisik, kecuali hasil uji "mitopatria DNA"  yang mengungkap, garis keturunan Madagaskar berasal dari Indonesia. Tiga tahun Lalu, Peneliti dari salah satu Universitas Di Selandia Baru, menganalisa DNA milik 266 orang di sana.
    di dalam Analisis tersebut mereka menemukan fakta 22 persen memiliki tanda genetik orang Indonesia. Jika uji sampel DNA ini benar, diperkirakan ada sekitar 30 perempuan Indonesia yang ikut membentuk populasi awal di Madagaskar. Bukti lain pengaruh Nusantara di Madagaskar dapat ditemui di Sektor pertanian yang memiliki metode dan teknologi yang serupa dengan Indonesia. Menurut sejarah pendatang baru ini, mulai menanami padi dan talas di dataran tinggi Madagaskar sejak abad ke 6. Selain itu, bentuk Arsitektur rumah di Madagaskar yang tidak sama seperti rumah tradisional pada umumnya di Afrika yang berbentuk bulat, Kediaman penduduk Asli Madagaskar lebih menyerupai suku-suku Asi Tenggara, yakni berbentuk Kotak dengan atap Segitiga. Penduduk Asli Madagaskar juga mengenakan Pakaian yang terbuat dari Serat Tanaman, berbeda dengan Afrika yang lebih menyukai pakaian berbahan dasar Kulit Binatang.
  • HAWAII,
    Tidak Banyak yang tahu, Hubungan erat antara Indonesia dengan HAWAII. padahal menurut "George Armitage" di dalam "a Brief History of HAWAII", ada hubungan khusus Antara Indonesia Dan HAWAII. pertanyaan muncul mengenai asal-usul orang HAWAII. dari Mana asal penduduk HAWAII yang berjauhan dari BENUA Amerika, Asi, dan juga Australia ini? salah satu versi mengatakan bahwa asal usul penduduk HAWAII haruslah Berasal dari peradaban yang sesuai untuk bertahan hidup dengan segala keterbatasan alam Hawaii. Salah satu satu jawaban paling masuk Akal adalah orang India, Atau bagian sisi selatan Benua Asia. Hal ini didukung adanya nama-nama khas Hawaii seperti "OAHU" konon masih juga ditemukan di India Timur. Lalu darimana asal Nama HAWAII? masih menurut versi yang sama, Hawaii berasal dari kata "Jawa ii" yang berarti Jawa kecil (*indo misteri). Disinilah hubungan erat antara Indonesia khususnya suku Jawa dan Hawaii.
  • MALAYSIA;
    Sudah tak Asing lagi, Ada banyak alasan mengungkapkan Mengapa Malaysia memiliki hubungan paling erat dengan Indonesia dibandingkan negara-negara lainnya di Dunia. Alasan yang mendasari hubungan erat antara Indonesia dengan Negeri Jiran tersebut adalah karena Indonesia dan Malaysia masih Berasal dari satu ras atau serumpun, kedua Faktor hubungan Darah, Hampir sebagian orang Malaysia masih memiliki hubungan darah dengan orang Indonesia, Karena Nenek moyang nya dahulu kebanyakan berasal dari Indonesia, Baik itu Suku Minang, Bugis, Aceh, Banjar, Jaw, Medan dan suku Lainnya. Tak heran jika berkunjung ke Negeri Jiran ini akan ditemukan banyak persamaan bahasa dengan Bahasa Indonesia. Ketiga, Penduduknya sama-sama mayoritas beragama Islam. Keempat, pada zaman Sriwijaya dan Majapahit dahulu kala, Malaysia dan Indonesia adalah satu Nusantara, sehingga ikatan sejarah ini masih ada hingga sekarang.
  • Palestina dan Mesir;
    Melihat sejarah Indonesia ke belakang, Proklamasi tidaklah gratis. Belanda tetap ingin menguasai Nusantara sehingga berkobar perang di mana-mana, dan Indonesia berjuang bukan hanya dengan senjata namun juga dengan diplomasi menggalang dukungan Luar Negeri, agar bisa menekan Belanda untuk segera mengurungkan niatnya untuk menguasai kembali Bumi Pertiwi. Dukungan paling nyata itu datang dari dua Negara:
Mesir,
begitu berita kemerdekaan Indonesia tersebar keluar Negeri, pemerintah Mesir langsung mengirim Utusannya di Bombay Langsung Ke Jogjakarta yang ketika itu merupakan ibukota negara sementara. Utusan Mesir tersebut bernama Muhammad Abdul Mun'im yang berani menembus blokade yang dilakukan Belanda, Beliau menyampaikan dokumen resmi pemerintah Mesir dalam mengakui kemerdekaan RI. Kemudian hubungan tersebut dilanjutkan dengan perjanjian persahabatan Indonesia dan Mesir.
Palestina;

dalam upaya mengakui Kemerdekaan RI, Rakyat Palestina kala itu melakukannya dengan Heroik. Selain mengakui kemerdekaan Tanah Air, Ketika itu Pemimpin Palestina Muhammad Ali Taher menyumbangkan seluruh tabungannya untuk perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI.


Itulah Kelima Negara di Dunia yang memiliki hubungan Erat dengan Indonesia baik Budaya, Suku maupun sejarah dalam perjuangan kemerdekaan RI.

Comments

  1. Dalam satu kisah konon Indonesia yang disebut wilayah Sunda atau oleh orang barat menyebutnya Sunda land merupakan bagian dari wilayah yang dihuni oleh salah satu dari tiga putra Nuh As. Setelah bahteranya berlabuh, wallahu a'lam bishowab.

    ReplyDelete

Post a Comment

post your comment

Popular posts from this blog

Jenis Burung Endemik Yang Hanya ditemui Di Flores Nusa Tenggara Timur,NTT.

Flores Adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan banyak daya tarik. tidak hanya komodo,masih banyak penemuan-penemuan hewan endemik di pulau ini yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah karena keunikan dimilikinya. dinamakan hewan endemik, karena beberapa hewan yang ada di Flores ini hanya ada dan hidup di hutan Flores. Berikut infosatu merangkum beberapa Burung nama dan jenis Burung endemik Flores: 1. KEHICAP FLORES ( Monarca sacerdotum mees, 1973) . Burung endemik Flores yang satu ini hanya bisa ditemukan di Flores bagian Barat,  penyebaran burung ini meliputi wilayah yang sempit yakni HUTAN MBELILING, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai BaraT, Nusa Tenggara Timur, NTT. Burung endemik satu ini memiliki suara kicauan yang unik dan merdu, hutan Mbeliling merupakan tempat Burung Kehicap Flores ini berkembang. 2.SERINDIT FLORES ( Loroculus Flosculus ). Serindit Flores berukuran sekitar 11 dan 12 cm.  burung ini dijual disebut sebagai Burung penggemar Ara,

BANTUAN KEMANUSIAAN UNTUK KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN DUSUN NDOLE, DESA GOLO DAMU, NTT

Doc: Infosatu.web.id Infosatu - Satu unit rumah milik Bapak Blasius Agen (65) Warga Dusun Ndole Desa Golo Damu, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat Hangus dilahap si "Jago merah" Pada 08 Maret lalu. Untungnya, Tidak ada korban jiwa dalam Kejadian Tersebut. saat kejadian Blasius Agen berada dikebun, hanya putrinya yang masih duduk di Kelas 3  SMP (SMPN 2 MBELILING) yang berada di lokasi Kejadian , Putrinya tersebut berhasil selamat dari kejadian Na'as tersebut. Namun sayangnya, 1 Unit rumah tersebut tidak bisa diselamatkan, rumah tersebut hangus dilahap kobaran api yang begitu cepat.  Baca juga : 7 Selebgram Cantik ini Ternyata Robot Kobaran api lambat diantisipasi karena terkendala air. Warga hanya mengandalkan air selang untuk memadamkan api.  Doc:infosatu Kerugian yang dialami oleh oleh keluarga korban ditaksir hingga Ratusan juta rupiah. Pemilik Rumah, bapak Blasius Agen menyebutkan jenis kerugiannya antara lain uang tunai Rp10 juta, padi 10 karung

Tuai Kontroversi, Kehadiran TIMNAS ISRAEL U20 di Indonesia Ditolak Berbagai Pihak. Ketua DPP PDIP : Kami Menolak, Sesuai Amanat Konstitusi dan Prinsip Bung Karno!

Infosatu -   Kabar Tentang Keikutsertaan Israel dalam Ajang World Cup U20 yang akan diselenggarakan di Indonesia menuai Banyak Komentar. Penolakan terhadap hadirnya Timnas Israel tersebut semakin disuarakan, Berbagai Kalangan memberikan pandangannya Terkait alasan kenapa Timnas Israel tidak boleh menginjakkan kaki di Bumi Pertiwi .  Dilansir Dari Merdeka.com, Anggota DPR RI Fraksi PKS M. Nasir Djamil dengan Tegas memberikan sikap, bahwa menolak Kehadiran timnas Israel U20 untuk berlaga di World Cup U20 yang diselenggarakan di Indonesia, tidak hanya itu ia juga meminta pemerintah juga harusnya memberi sikap serupa (menolak).   Baca juga : Virall!! 7 Selebgram Cantik yang ternyata Bukan Manusia Desa Wisata Wae Lolos Dapat Penghargaan Registrasi ADWI 2023 Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Asing Paling Lengkap  Lanjut Bang Nasir, Jika pemerintah Mengizinkan Timnas dari Negara Penjajah tersebut berlaga di Di Indonesia, Itu sama saja mengakui eksistensi Negara tersebut, padahal Kita tahu bah

Melodi rindu

Seiring melody mengalun di malam yang sunyi, entah kenapa jiwaku merasa ada yang berbeda. Berbeda ketika kita, aku dan kamu tak lagi bisa berjabat, berbeda ketika aku dan kamu tak lagi saling bertatap. Rasa rindu akan sosokmu kian merasuk, entah siapa yang disalahkan. Apakah aku, ataukah kamu,atau mungkin sang jarak dan waktu yang terlalu cepat memisahkan dua insan yang tengah dilanda kasmaran. Segelitik rindu itu membuat ku tak lagi merasa aku hidup, alunan melodi yang berhembus bersama angin malam di pulau dewata telah menghancurkan hatiku berkeping-keping. Aku tak lagi mampu bernapas lega. Rindu itu seperti memenjarakan aku dalam keterpurukkan. Rindu itu telah memenjarakan aku, seakan dia tak lagi rela melihatku tersenyum dalam kebahagiaan.   Oh rindu… tidakkah kau merasa sedih melihatku yang mati suri dalam hati yang tengah dilanda rasa tak menentu?… Tidakkah kau merasa iba melihat aku yang tengah menangis dalam kehampaan.. Rindu…… Dekaplah aku yang tengah mer

Menjelajahi Pesona Desa Wisata Wae Lolos: Permata Tersembunyi di Manggarai Barat

Siapa Yang Tak Kenal Desa Wisata Wae Lolos? Salah Satu Desa Wisata Penyangga Destinasi Super Premium  Labuan Bajo, Manggarai Barat. **Sekilas tentang Wae Lolos:**  Desa Wisata Wae Lolos adalah sebuah desa indah yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat Kecamatan Sano Nggoang, Pulau Flores, bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dikelilingi oleh Hutan Yang Hijau dan Sungai yang masih asli, desa ini memancarkan suasana tenang yang langsung memikat pengunjung. Saat ini Desa Wae Lolos Sudah Menjadi Primadona Pariwisata Baru Di Manggarai Barat, Hal Ini Berdasarkan Tingkat Kunjungan Para Penikmat Alam Maupun Budaya di Wae Lolos Khususnya Langgo Meningkat Pesat, Terhitung Sejak Juli 2023 Sampai Dengan Januari 2024 terdapat 2000 Lebih Pengunjung Desa Wisata. Pengunjung ini Dibagi Dalam Dua Tipe Yakni DOMESTIK Dan Mancanegara.  Desa Wisata Yang Juga Berjuluk Desa Wisata Seribu Air Terjun Ini Terletak Hanya 31 kilometer dari Bandara Internasional Komodo adalah permata tersembun