Jalinan Pariwisata: Kunjungan Bersama Pokdarwis Warloka Pesisir dan Pokdarwis Desa Repi ke Desa Wisata Wae Lolos

Foto Bersama Pokdarwis Warloka Pesisir, Pokdarwis Repi, dan Pokdarwis Cunca Plias

Dalam upaya memperkuat jaringan pariwisata lokal dan saling mendukung antar-desa, Pokdarwis (Pengelolaan Kawasan Pariwisata Desa) dari Desa Wisata Repi dan Desa Wisata Warloka Pesisir mengadakan kunjungan kolaboratif ke Pokdarwis Cunca Plias di Desa Wisata Wae Lolos. Fasilitasi atas kunjungan tersebut dilakukan oleh Yayasan Bintari ( Bina Karta Lestari) yang  pusat di semarang, yang berkomitmen untuk memajukan pariwisata Desa yang  berkelanjutan.

Mengenalkan Potensi Wisata Antar-Desa: Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang dimiliki oleh masing-masing desa serta berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam pengelolaan pariwisata lokal. Desa Wisata Wae Lolos, dengan keindahan alamnya yang memukau dan keberagaman budayanya, menjadi tuan rumah yang ideal untuk pertukaran pengetahuan ini.

Kolaborasi dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan:

Selama kunjungan, para anggota Pokdarwis dari kedua Pokdarwis dari desa tamu mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi  objek wisata Seribu Air Terjun di Desa Wisata Wae Lolos, termasuk Kolam Atas Awan dan Cunca Plias Waterfall. Mereka juga berpartisipasi dalam sesi diskusi dan lokakarya yang membahas tentang strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan, perlindungan lingkungan, serta promosi dan pemasaran wisata lokal.

Kepala Desa Wae Lolos: Menyambut Kerjasama yang Membangun.


Kepala Desa Wae Lolos, Bapak Gervinus Toni, menyambut baik kunjungan dari Desa Wisata Repi dan Warloka Pesisir. Beliau mengungkapkan, "Kami sangat senang bisa berbagi pengalaman dan belajar bersama-sama dengan teman-teman Pokdarwis dari desa wisata Repi dan Warloka pesisir. Sinergi antar-desa wisata sangat penting untuk meningkatkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di wilayah kami. Kami berharap kunjungan ini akan membuka jalan bagi kerjasama yang lebih erat di masa depan,"Jelasnya.


Selain itu, Ketua Pokdarwis Cunca Plias, Bapak Robertus L. Perkasa  juga menyambut kunjungan tersebut dengan penuh antusiasme . Beliau menyatakan, "Kunjungan dari Desa Wisata Repi dan Warloka Pesisir memberi kami kesempatan untuk memperluas jaringan dan wawasan kami tentang pengelolaan pariwisata lokal. Kami berharap dapat terus berkolaborasi  dalam memajukan pariwisata yang berkelanjutan di Desa", katanya.


Membangun Sinergi dan Kemitraan:
Kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang potensi pariwisata di wilayah sekitar, tetapi juga untuk membangun sinergi dan kemitraan antar-desa dalam mendukung pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Diharapkan, kunjungan ini akan menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat di masa depan dan membawa manfaat yang nyata bagi masyarakat lokal serta pariwisata di masing-masing desa.

Kunjungan ini bukanlah sekadar pertemuan singkat, tetapi awal dari kerjasama yang berkelanjutan antara Desa Wisata Wae Lolos, Repi, dan Warloka Pesisir. Dengan saling mendukung dan bertukar pengalaman, mereka berkomitmen untuk membangun pariwisata yang berkelanjutan, memelihara keunikan budaya dan alam, serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke wilayah mereka.


Salah seorang anggota Pokdarwis Desa wisata Warloka Pesisir Dewi Sartika menyampaikan rasa bangganya dan apresiasi saat saat melakukan sesi sharing bersama Pokdarwis Cunca Plias sebagai tuan rumah dan Pokdarwis Desa Wisata Repi,

"Kami juga terkesan dengan keragaman aktivitas dan atraksi wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Wae Lolos. Mulai dari keindahan alam yang memukau hingga warisan budaya yang kaya, semuanya disajikan dengan begitu apik dan mengundang untuk dieksplorasi lebih dalam. Kami yakin bahwa kolaborasi antara POKDARWIS Warloka Pesisir, Pokdarwis Desa Wisata Repi dan Pokdarwis Cunca Plias akan membawa manfaat yang besar dalam upaya pengembangan dan penguatan lembaga pengelola wisata lokal dalam hal ini Pokdarwis", Jelas Dewi.

Dari Pokdarwis Desa Wisata Repi juga menyampaikan apresiasi serupa.
Jhon, Anggota Pokdarwis Desa Wisata Repi menyampaikan, "Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk berkunjung dan berbagi pengalaman. Semoga kunjungan ini menjadi awal dari kerja sama yang erat dan saling mendukung antara komunitas Pengelola Wisata Lokal dalam hal ini Pokdarwis untuk memajukan pariwisata lokal secara berkelanjutan.

post your comment

Previous Post Next Post